default ads banner CODE: NEWS / LARGE LEADERBOARD / 970x90

Transparansi Keuangan Desa, Bupati Mahulu Resmikan SAB Kampung Matalibaq

Transparansi Keuangan Desa, Bupati Mahulu Resmikan SAB Kampung Matalibaq
Peristiwa Daerah
Bupati Mahulu Bonifasius Belawan Geh SH, didampingi Petinggi Kampung Matalibaq Isodorus Huvang Paran dan Kadis DPMK S Lawaing Nilas dalam peresmian Sarana Air Baku (SAB) Kampung Matalibaq
default ads banner CODE: NEWS / BANNER 1 / 468x60

MAHAKAM ULU - Bupati Kabupaten Mahakam Ulu (Mahulu) Bonifasius Belawan Geh SH, meresmikan tiga program pembangunan kesejahteraan masyarakat di Kampung Matalibaq, Kecamatan Long Hubung melalui kegiatan pencanangan Bulan Bhakti Gotong Royong (BBGRM) ke-16 dan peringatan HKG-PKK ke-47 pada Rabu (31/7/2019) kemarin.

Adapun tiga program tersebut yakni, pembangunan Sarana Air Baku (SAB) dan pembangunan Yayasan Pendidikan Kelompok Bermain Mas Romeo Kampung Matalibaq, serta satu unit Quick Truck model kendaraan khusus pedesaan yang digagas Presiden Joko Widodo, yang pertama kalinya dimiliki oleh masyarakat Kampung Matalibaq untuk kebutuhan mengangkut sampah di Kampung tersebut.

“Biaya pembangunan SAB ini dibangun melalui kucuran dana Alokasi Dana Kampung (ADK) Pemkab Mahulu tahun 2018 untuk pengadaan mesin air tenaga surya sebesar Rp 301.714.00, kemudian melaui sumber APBN Dana Desa (DD) tahun 2018 sebesar Rp 150.228.348. Selain itu kita mendapat bantuan dana Corporate Social Responsibility (CSR) dari PT Setia Agro Abadi dan PT Citra Palma Pertiwi sebesar Rp 779.000.000. Sedangkan pengadaan Quick Truk dari APBN tahun 2019 ini sebesar Rp 92.235.000,” ungkap Isodorus Huvang Paran disela peresmian tersebut.

Sulaiman panggilan akrabnya itu diketahui telah berhasil menjadi Petinggi Kampung Matalibaq selama tiga periode hasil Pilkam serentak pada Juli 2018 lalu. Kata dia, melalui programnya itu dirinya berkomitmen untuk meningkatkan semangat warga demi menuju kesejahteraan yang dihuni 798 jiwa dengan 234 Kepala Keluarga (KK) yang berdomisili di tiga Rukun Tetangga (RT) di kampung tersebut.

“Melalui bantuan pemerintah dan bantuan CSR dari perkebunan kelapa sawit di wilayah kita ini. Kita fokuskan untuk kesejahteraan warga setempat. Selain itu peningkatan infrastruktur sekolah juga kita tingkatkan. Sedangkan untuk bidang kesehatan yaitu penyediaan SAB atau sarana air bersih adalah untuk mendukung program pemerintah tentang konsep universal yang telah kita jalani saat ini,” jelas Sulaiman.

Sedangkan Bupati Mahulu Bonifasius Belawan Geh SH mengatakan, program di Kampung Matalibaq, teruma di bidang sarana air bersih sangat bermanfaat bagi masyarakat yang belum memiliki sarana air bersih dengan baik. Kata dia, memang kita tahu bersama daerah kita tidak semua merata memiliki sumber air bersih. Melihat program di kampung tersebut, dirinya berharap dapat menjadi contoh bagi kampung lainnya agar dapat menikmati air bersih.

“Besarnya anggaran yang dikucurkan ke desa setiap tahun, baik yang bersumber dari daerah maupun pemerintah pusat, harus dikelola secara terbuka. Saya minta adanya keterbukaan dalam pengelolaan keuangan desa sebagai wujud transparansi dari aparat kampung kepada masyarakat setempat,” tegas Bupati. (Alfian Nur)


Kontributor : Alfian Nur
Editor : Imam Hairon
Publisher : Alfina Putri
default ads banner CODE: NEWS / BANNER 2 / 468x60

You can share this post!

Komentar