default ads banner CODE: NEWS / LARGE LEADERBOARD / 970x90

PKB Nilai Bergabungnya Demokrat ke Pemerintahan Jokowi untuk Incar Kekuasaan

PKB Nilai Bergabungnya Demokrat ke Pemerintahan Jokowi untuk Incar Kekuasaan
Politik
Ketua DPP Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Abdul Kadir Karding
default ads banner CODE: NEWS / BANNER 1 / 468x60

JAKARTA - Partai Demokrat menyatakan ingin memperkuat pemerintahan dengan bergabung dengan pemerintahan Joko Widodo atauJokowi-KH Ma’ruf Amin.

Menanggapi hal tersebut Ketua DPP Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Abdul Kadir Karding mengatakan bahwa apabila Jokowi menghendaki ada tambahan koalisi harus dibahas dengan partai pengusung.

Selain itu ia juga menilai bergabungnya Demokrat di yakininya ingin berbagi kekuasaan. 

"Makanya kan pasti akan dibahas di rapat-rapat nanti. Misalnya apa bentuk bargaining-nya. Apakah kabinet, apakah legislatif baik di MPR DPR, tentu nanti ada pembicaraan-pembicaraannya, dan itu akan dibahas," katanya saat dihubungi, Selasa (13/8/2019).

Karding menjelaskan bahwa walaupun Indonesia menganut sistem presidensial, perlu ada penyeimbang yang melakukan kritik. Oleh karena itu perlu ada oposisi.

"Soal siapa yang mau jadi oposisi kita kan juga belum tau, belum melihat, yang jelas baru PKS yang menyatakan oposisi," jelasnya. 

Sementara itu, partai di luar pengusung Jokowi-Amin berada di tengah-tengah, kadang bergabung kadang oposisi.

"Idealnya oposisi kita dorong berkembang supaya ada kontrol, supaya ada diskusi setiap mengambil kebijakan. Itu akan membuat itu lebih matang demokrasinya," ucap Karding.

Sebelumnya, Wakil Ketua Umum Demokrat Syarief Hasan mengatakan bahwa komunikasi partainya terus berlangsung dengan partai pengusung Jokowi-Amin, termasuk PDIP.

Komunikasi secara informal dengan PDIP dilakukan bersama kader-kader yang memiliki akses dengan kepengurusan dan di legislatif.

"Sangat positif [tanggapannya] karena kebersamaan untuk membangun bangsa ini kan kita sepakati bersama. Kan akan lebih bagus kalau kita bersama-sama membangun bangsa untuk kepentingan rakyat," jelasnya.


Kontributor : Windi Marika
Editor : Nanang Habibi
Publisher : Alfina Putri
default ads banner CODE: NEWS / BANNER 2 / 468x60

You can share this post!

Komentar