default ads banner CODE: NEWS / LARGE LEADERBOARD / 970x90

Ratusan Warga Banyuwangi Ikuti Operasi Katarak Gratis yang Digelar PMI dan PT. BSI

Ratusan Warga Banyuwangi Ikuti Operasi Katarak Gratis yang Digelar PMI dan PT. BSI
Kesehatan
Operasi Katarak yang Diselenggarakan PMI Banyuwangi dan PT. BSI
default ads banner CODE: NEWS / BANNER 1 / 468x60

BANYUWANGI - Ratusan warga Banyuwangi mengikuti operasi katarak gratis yang diselenggarakan oleh Palang Merah Indonesia (PMI) bekerjasama dengan PT. Bumi Suksesindo (BSI). Diharapkan dengan kegiatan ini penderita katarak di Banyuwangi bisa ditekan.

"Alhamdulillah dengan kegiatan ini, penderita katarak sudah mengalami penurunan. Pertama kali dilaksanakan ribuan sampai, kita sampai kwalahan. Kalau kegiatan sekarang ada 300 orang yang akan ikut operasi katarak," kata Wakil Bupati Banyuwangi, Yusuf Widyatmoko usai membuka kegiatan operasi katarak gratis, Selasa (17/09/2019).

Yusuf menambahkan, pihaknya sengaja menggandeng PT. BSI karena anggaran yang dialokasikan pada APBD hanya cukup untuk membiayai satu kali kegiatan. "Ini kegiatan yang kedua pada 2019. Karena yang dari APBD hanya cukup untuk kegiatan yang pertama, maka untuk kegiatan kedua ini kita gandeng pihak ketiga, salah satunya PT. BSI," katanya.

Sementara Direktur PT BSI, Cahyono Seto, menegaskan, dukungan pihaknya pada kegiatan ini sejalan dengan kebijakan sosial BSI di bidang kesehatan, yaitu turut serta dalam upaya peningkatan kesehatan masyarakat. "Bidang kesehatan masyarakat merupakan salah satu fokus program sosial kami, selain pendidikan, pemberdayaan ekonomi, dan infrastruktur publik," jelasnya.

Selain dukungan terhadap penyelenggaraan kegiatan, PT BSI bekerja sama dengan Puskesmas Pesanggaran juga memfasilitasi warga Pesanggaran yang ikut serta dalam kegiatan ini. Dari data yang diterima, ada 21 peserta dari Pesanggaran yang terdaftar. "Untuk warga Ring 1, kami bekerja sama dengan pihak Puskesmas memfasilitasi keikutsertaan mereka," imbuh Seto.

Selain operasi katarak, dalam kegiatan ini panitia juga akan melakukan pemeriksaan mata secara maraton selama 3 hari terhadap 2.000 orang, pengobatan mata terhadap 800 orang, pemberian kacamata sebanyak 1.500 pasang, dan pemberian bola mata palsu untuk 20 orang. 

"Kami sangat mendukung upaya pemerintah Banyuwangi dalam meningkatkan kualitas kesehatan masyarakatnya, terlebih bagi mereka yang kurang mampu," pungkas Seto.

 


Kontributor : Rozik Fanani
Editor : Imam Hairon
Publisher : Alfina Putri
default ads banner CODE: NEWS / BANNER 2 / 468x60

You can share this post!

Komentar