default ads banner CODE: NEWS / LARGE LEADERBOARD / 970x90

Lulus CPNS 9 Tahun Lalu, 5 Orang Honorer Tunggu Keputusan Bupati Jember

Lulus CPNS 9 Tahun Lalu, 5 Orang Honorer Tunggu Keputusan Bupati Jember
Peristiwa Nasional
Gambar Ilustrasi
default ads banner CODE: NEWS / BANNER 1 / 468x60

 

JEMBER - Sebanyak 5 tenaga honorer di Jember sudah 9 tahun tidak bisa menjadi aparatur sipil negara (ASN), meskipun adanya nomer induk kepegawaian (NIK) yang sudah dikeluarkan oleh Badan Kepegawaian Nasioal (BKN).

Hal ini disampaikan oleh Komisioner Ombudsman Perwakilan Jawa Timur Muflihul Hadi, Rabu (18/9/2019).

Ia mengatakan, dalam penanganan persoalan ini, pihaknya sudah 2 kali melakukan klarifikasi kepada Bupati tetapi, Bupati tidak mau menemui saat itu.

5 orang tenaga honorer tersebut sudah mulai bekerja pada tahun 2005 yang lalu, kemudian pada tahun 2009 mengikuti test CPNS dan lolos hingga akhirnya BKN mengeluakan NIP nya.

"Sudah cukup lama, dari klarifikasi pelapor sudah bekerja sejak 2005 dan 2009 ikut seleksi cpns dan lolos tapi sampai sekarang belum diangkat," ujarnya.

Bersadarkan aturan, bahwa CPNS bisa diangkat melalui surat keterangan dari Bupati. Maka, pihaknya melakukan klarifikasi kepada Bupati Jember tetapi tidak ditemui namun Pemkab mewakilkan kepada Asisten dan BKD.

"Sudah berkirim surat tapi tidak ditemui dan yang menghadap adalah asisten dan BKD saat itu, bukan Bupati langsung," imbuhnya.

Saat itu, klarifikasi yang diterima bahwa berkasnya hilang sehingga tidak bisa mengambil putusan.

Hadi menyampaikan, bahwa pihaknya sudah berkirim surat pada Senin (16/9/2019) lalu untuk melakukan klarifikasi dan meminta hadir sendiri tanpa ada perwakilan manapun. 

"Senin lalu, ternyata Bupati Jember tidak datang kemudian akan dilakukan penjadwalan ulang untuk pertemuannya," tuturnya.

Menurut Hadi, persoalan ini akan selesai jika Bupati mau mengangkatnya tenaga honorer tersebut meski waktunya sudah terlambat. Kemudian, pihaknya akan berkoordinasi dengan BKN atau lembaga terkait. 

"Persoalan ini kuncinya di Bupati jika mau menerima, tapi saat ini belum bisa kearah sana sebab Bupati Jember belum menyampaikan klarifikasi atas hal ini," ungkapnya.

Ia berharap, Bupati Jember bisa mengeluarkan SK pengangkatan dan kesempatan bagi 5 orang ini masig terbuka menjadi ASN.


Kontributor : Angga Juli Setiawan
Editor : Imam Hairon
Publisher : Alfina Putri
default ads banner CODE: NEWS / BANNER 2 / 468x60

You can share this post!

Komentar