SUARA INDONESIA

BPJS Ketenagakerjaan Jamin Biaya Perawatan 3 Atlit Balap Sepeda Cidera di Gresik

Redaksi - 08 August 2023 | 07:08 - Dibaca 822 kali
Advertorial BPJS Ketenagakerjaan Jamin Biaya Perawatan 3 Atlit Balap Sepeda Cidera di Gresik
Road to Tour of Kemala Seri 3 Gresik Criterium 2023, 3 atlit cidera dapat pelayanan terbaik BPJS Ketenagakerjaan (Foto : BPJS Ketenagakerjaan)

GRESIK, Suaraindonesia.co.id - Kabupaten Gresik menjadi kota ketiga dari empat kota yang mendapat kehormatan dalam agenda Road to Tour of Kemala 2023, Minggu kemarin (06/08/2023). Tiga atlit yang mengalami cidera akibat jatuh karena bersenggolan antar peserta telah dirawat di RS Semen Gresik dengan biaya sepenuhnya ditanggung oleh BPJS Ketenagakerjaan.

Secara umum event balap sepeda bergengsi yang digelar di Jalan Kartini Gresik ini berlangsung meriah, aman dan sukses.

Bupati Gresik Fandi Akhmad Yani mengatakan, suksesnya penyelenggaraan Road to Tour of Kemala 2023 di Gresik merupakan bukti nyata bahwa Gresik sangat mampu menjadi spot wisata olahraga (sport tourism) baik skala nasional maupun internasional.

"Sukses sebagai tuan rumah seri ketiga Road to Tour of Kemala ini suatu bukti bahwa masyarakat dan Pemerintah Kabupaten Gresik beserta Forkopimda terus mendorong dan mendukung wisata-wisata di Kabupaten Gresik, termasuk dalam hal ini sport tourism," kata Gus Yani, sapaan Fandi Akhmad Yani ini. 

Sementara Kapolres Gresik AKBP Adhitya Panji Anom mengucap syukur atas terselenggaranya Road to Tour of Kemala Seri 3 Gresik Criterium 2023. 

Dia menyampaikan terimakasih kepada para pihak yang turut berpartisipasi, terutama pada Pemkab Gresik yang membantu segala sesuatunya, dan BPJS Ketenagakerjaan yang memberikan jaminan sosial atas resiko kecelakaan yang dialami peserta.

Sujud, Ketua Harian ISSI Gresik yang juga sebagai team pelaksana Road to Tour of Kemala Seri 3 Gresik Criterium 2023 mengatakan, balap sepeda merupakan cabang olahraga yang beresiko tinggi kecelakaan.

"Karena itu, sebelum event ini digelar pihaknya telah mendaftarkan seluruh peserta ke BPJS Ketenagakerjaan," ungkap Sujud. 

"Jaminan dari BPJS Ketenagakerjaan bersifat all risk, jadi berapapun biaya perawatan peserta akibat insiden balap sepeda ini pasti ditanggung sepenuhnya oleh BPJS Ketenagakerjaan. Jadi peserta yang mengalami cidera tidak perlu khawatir akan biaya pengobatan,” ujarnya. 

Diketahui, Road to Tour of Kemala 2023 digelar 4 seri di 4 kota. Sebelumnya, Seri 1 digelar di Karawang, Jabar, dan Seri 2 di Karanganyar, Jateng. Setelah Seri 3 di Gresik, dilanjut Seri 4 di Lampung, dan puncaknya akan dilaksanakan di Banyuwangi. 

Sementara itu, selaku Pejabat Pengganti Sementara Kepala BPJS ketenagakerjaan Cabang Gresik, Diny Firmani Rahma membenarkan bahwa seluruh peserta Road to Tour of Kemala Seri 3 Gresik Criterium 2023 telah didaftarkan ke BPJS Ketenagakerjaan.

"Jumlahnya 334 peserta dengan perlindungan program Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) dan Jaminan Kematian (JKM)," jelasnya.

Diny mengatakan, tiga atlit yang mengalami cidera dalam event Road to Tour of Kemala Seri 3 Gresik Criterium 2023 telah mendapat perawatan terbaik di RS Semen Gresik yang juga sebagai salah satu Pusat Layanan Kecelakaan Kerja (PLKK) BPJS Ketenagakerjaan.

“Tiga atlit yang mengalami kecelakaan langsung dilarikan ke PLKK RS Semen Gresik dan telah mendapat pelayanan terbaik. Mereka tabrakan antar peserta dan mengalami luka robek. Seluruh biaya perawatan mereka ditanggung BPJS Ketenagakerjaan sampai sembuh," kata Kabid Kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan Gresik yang juga ikut jadi peserta Road to Tour of Kemala Seri 3 Gresik Criterium 2023 ini.

Dalam kesempatan ini Diny pun menyampaikan, BPJS Ketenagakerjaan tidak hanya memberi perlindungan bagi karyawan perusahaan atau pekerja penerima upah, namun juga pekerja mandiri atau bukan penerima upah, termasuk atlit maupun olahragawan.

Untuk itu dia berharap seluruh pekerja mandiri seperti petani, pedagang, tukang ojek dan atlet/olahragawan mendaftarkan diri menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan. 

"Dengan telah menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan para atlet yang berkompetisi tidak perlu lagi khawatir mengalami resiko, sehingga dapat memberikan performa terbaiknya," ujar Diny.

"BPJS Ketenagakerjaan hadir untuk memberikan perlindungan pada seluruh atlit, sehingga mereka lebih fokus menggapai kemenangan dalam bertanding," tandasnya. (Adv) 

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Redaksi
Editor : Satria Galih Saputra

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV