SUARA INDONESIA

Bakesbangpol Situbondo Gelar Sosialisasi Peningkatan Kesadaran Masyarakat dalam Berpolitik

Syamsuri - 20 January 2024 | 12:01 - Dibaca 772 kali
Advertorial Bakesbangpol Situbondo Gelar Sosialisasi Peningkatan Kesadaran Masyarakat dalam Berpolitik
Acara sosialisasi peningkatan kesadaran masyarakat dalam berpolitik Bakesbangpol Situbondo. (Foto: Syamsuri/Suara Indonesia)

SUARA INDONESIA, SITUBONDO - Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Kabupaten Situbondo mengelar kaji banding dan sosialisasi peningkatan kesadaran hak dan kewajiban masyarakat dalam berpolitik, Sabtu (20/1/2024). 

Kegiatan yang berlangsung di Hotel Aster Kota Batu Malang diikuti sekitar 50 peserta. 

"Tujuan sosialisasi untuk menarik antusias masyarakat terhadap pengetahuan, pemahaman serta meningkatkan kesadaran politik masyarakat, sehingga tercipta masyarakat berhati nurani, berbudaya dan cerdas dalam menggunakan hak pilihnya sebagai warga negara," ujar Kepala Bakesbangpol Situbondo, Buchari. 

Buchari menyebut, menggunakan hak pilih dalam berpolitik merupakan hak dari seluruh masyarakat. "Oleh sebab itu, kami mengajak seluruh peserta untuk menggunakan hak pilih dalam pemilu Presiden dan Wakil Presiden, Legislatif dan BPD-RI serta Pilkada 2024 ini dengan sebaik baiknya," katanya. 

Menurut Buchari dengan masyarakat ikut berpartisipasi dalam politik, maka kemajuan pembangunan daerah selama lima tahun ke depan akan menjadi lebih baik."Karena ini semua tanggung jawab calon yang terpilih nanti," ucapnya. 

"Keterlibatan masyarakat khususnya para pemuda dalam politik sangatlah penting. Sehingga negara harus bersungguh-sungguh dalam mendidik dan mempersiapkan masyarakat, khususnya bagi para pemuda untuk terus tumbuh melaju mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi," tandasnya.

Diharapkan melalui kegiatan sosialisasi ini, masyarakat memiliki pemahaman yang mendalam terkait Pemilu yang berkualitas. Sehingga mereka dapat menggunakan haknya pada pemilihan presiden dan wakil presiden, legislatif, BPD maupun kepala daerah. 

"Oleh karena itu, dalam menyongsong tahun politik ini para peserta menjadi sadar akan hak dan kewajibannya sebagai masyarakat. Sebab masyarakat dalam memilih pemimpin ini mempunyai kekuatan dan memiliki pengaruh yang besar terhadap hasil pemilu," ungkap Buchari. 

Dalam kesempatan itu, Buchari mengajak masyarakat untuk bergandengan tangan, menjaga lingkungan agar tetap kondusif, aman dan damai. 

Ia juga mengajak stakeholder, pelaku partai politik, lembaga swadaya masyarakat dan organisasi kepemudaan untuk menebarkan energi-energi positif dan menyumbang ide serta gagasan yang konstruktif dalam menyambut perayaan bes

"Mari kita menyongsong pemilu dan Pilkada serentak 2024 ini, dengan politik ide dan politik gagasan untuk Kabupaten Situbondo yang lebih maju dan cerdas," tutupnya.

Sementara Kepala Bidang Poldagri, Suyono menambahkan, kegiatan ini merupakan upaya untuk meningkatkan kesadaran masyarakat dalam berpolitik sehingga menumbuhkan kedewasaan politik, dan kegiatan seperti ini perlu dilaksanakan secara terus menerus melalui sosialisasi maupun diskusi. 

"Dengan tingginya tingkat partisipasi masyarakat dalam memilih di pemilu ini mencerminkan tingkat pemahaman politik yang baik sekaligus kuatnya legalitas Pemilu," tegasnya

Suyono berharap agar para peserta dapat memanfaatkan forum ini sebaik mungkin guna menambah pemahaman mengenai etika dan budaya politik. 

"Sehingga ilmu yang didapat oleh mereka nantinya dapat diimplementasikan kepada masyarakat luas dalam meningkatkan partisipasi politik guna menentukan masa depan kehidupan negara untuk mencapai kesejahteraan masyarakat khususnya di Kabupaten Situbondo," pungkasnya. (Adv)

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Syamsuri
Editor : Satria Galih Saputra

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV