SUARA INDONESIA

Pj Gubernur Bey: Jabar Salah Satu Provinsi yang Memperhatikan Transformasi Sistem Kesehatan

Sugiyanto - 16 February 2024 | 21:02 - Dibaca 17.20k kali
Kesehatan Pj Gubernur Bey: Jabar Salah Satu Provinsi yang Memperhatikan Transformasi Sistem Kesehatan
Pj Gubernur Jawa Barat Bey saat mendampingi Menteri Kesehatan (Menkes) RI Budi Gunadi Sadikin meresmikan Layanan Rujukan Prioritas Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Al-Ihsan, di Beleendah, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Jumat (16/2/2024). 

SUARA INDONESIA, BANDUNG - Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Barat (Jabar) Bey Machmudin mengatakan, Jabar merupakan salah satu provinsi yang sangat memperhatikan transformasi sistem kesehatan. 

Hal tersebut disampaikan Bey saat mendampingi Menteri Kesehatan (Menkes) RI Budi Gunadi Sadikin meresmikan Layanan Rujukan Prioritas Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Al-Ihsan, di Beleendah, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Jumat (16/2/2024). 

RSUD Al-Ihsan melakukan transformasi sistem kesehatan pada layanan rujukan, sistem pembiayaan kesehatan, teknologi kesehatan, dan pelayanan kesehatan rujukan, khususnya pelayanan kanker, jantung, stroke, urologi dan nefrologi (uro-nefrologi). 

"Kami terus berupaya mendorong program kemitraan sebagai bentuk kolaborasi dalam transformasi sistem kesehatan," kata Bey Machmudin. 

Dengan peresmian ini, kata Bey, RSUD Al-Ihsan ditetapkan sebagai rumah sakit strata utama dalam pelaksanaan layanan kanker, jantung, stroke, dan uro-nefrologi. 

"Pencapaian ini tentunya tidak lepas dari dukungan Kementerian Kesehatan, Pemda Provinsi Jabar, dan kolaborasi sektor lainnya," ujarnya. 

Sementara itu, Menkes Budi Gunadi Sadikin mengatakan, dengan adanya transformasi tersebut, diharapkan petugas kesehatan fokus menjaga masyarakat tetap sehat. 

"Sebaik-baiknya fasilitas kesehatan tugas kita bukan mengobati orang sakit, tapi menjaga orang tetap sehat. Fokusnya kita jaga orang untuk sehat, bukan mengobati orang yang sakit," kata Budi. 

Budi menjelaskan, Kementerian Kesehatan RI telah memperluas layanan tersebut tak hanya di rumah sakit vertikal, tetapi juga rumah sakit milik pemerintah daerah, termasuk di wilayah Jabar. 

Selain itu, Direktur RSUD Al-Ihsan Dewi Basmala mengatakan, peresmian tersebut merupakan momentum penting. 

Menurutnya, kasus bedah jantung terbuka menjadi yang terbanyak di Jabar. 

"Meskipun peresmian baru dilaksanakan, kami telah melakukan tindakan-tindakan untuk bedah jantung terbuka. Hal tersebut sebagai bentuk komitmen kami untuk mewujudkan pelayanan yang berkualitas," kata Dewi. (*)

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Sugiyanto
Editor : Mahrus Sholih

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV