SUARA INDONESIA

Kementerian PUPR Mulai Peningkatan Kelas Jalan Menuju Pabrik Gula PT RMI Binangun Blitar

Arik Susanto - 10 August 2023 | 16:08 - Dibaca 999 kali
News Kementerian PUPR Mulai Peningkatan Kelas Jalan Menuju Pabrik Gula PT RMI Binangun Blitar
Puluhan truk petani sedang mengantri proses penggilingan tebu di PT RMI Binangun Blitar. (Foto: Humas PT. RMI untuk Suaraindonesia.co.id)

BLITAR, Suaraindonesia.co.id - Pabrik Gula PT. Rejoso Manis Indo (RMI) di Desa Rejoso, Kecamatan Binangun, Kabupaten Blitar menyatakan mendukung sepenuhnya proyek peningkatan kelas jalan dari Kementerian PUPR.

Dengan ditingkatkannya kelas jalan, disebut akan membawa efek positif bagi semua sektor terutama akses masyarakat semakin mudah dan jalur pendistribusian tebu ke RMI menjadi lebih cepat.

Public & Government Relation Manager PT. RMI, Putut Hindaruji menjelaskan bahwa sebelum adanya peningkatan kelas jalan, banyak warga maupun petani yang mengeluh karena infrastruktur jalan rusak menghambat roda perekonomian dan rawan terjadi kecelakaan.

"Berkat sinergitas bersama antara RMI dan Pemkab Blitar melakukan lobi ke pusat akhirnya kelas jalan di wilayah Binangun ditingkatkan. Dengan begini, perputaran ekonomi bergerak lancar serta pengantaran tebu petani lebih maksimal," ujarnya, dalam keterangan pers yang diterima Suara Indonesia, Kamis (10/08/2023).

Menurut Putut, Pabrik Gula PT. RMI merupakan salah satu perusahaan dengan investasi besar dan memproduksi produk pangan strategis di bidang industri. Keberadaan PT. RMI juga ikut mendukung misi pemerintah memperkuat ketahanan pangan nasional.

"Dengan adanya peningkatan kelas jalan di Binangun, menjadi peluang mewujudkan swasembada produksi gula. Saat ini, RMI memiliki kapasitas giling 10.000 tebu per-hari (TCD). Sehingga berpotensi meningkatkan kapasitas produksi hingga dua kali lipat jika didukung infrastruktur yang memadai," kata Putut.

Pada hari ini, 10 Agustus 2023 Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional Jawa Timur – Bali telah memulai pekerjaan peningkatan kelas Jalan Kedungwungu – Ngembul – Rejoso hingga Binangun Kabupaten Blitar. Peningkatan kelas jalan sepanjang 10,5 km dimulai dari Simpang 4 Binangun menuju RMI dan Kedungwungu – Ngembul serta terakhir dari RMI menuju Ngembul.

Selanjutnya rencana pekerjaan ini disosialisasikan oleh Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional Jawa Timur kepada Forkopimca Binangun, Perwakilan 12 Desa terdampak, Kecamatan samping seperti Panggungrejo, Sutojayan, Wates, Kesamben, Dinas PUPR, Dishub, Polres Blitar dan stakeholder lainnya yang berkaitan.

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Arik Susanto
Editor : Lutfi Hidayat

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV