SUARA INDONESIA

Bupati Banyuwangi Gelontorkan Program Pemberdayaan ke Warga Lereng Gunung Ijen

Muhammad Nurul Yaqin - 11 August 2023 | 09:08 - Dibaca 1.54k kali
News Bupati Banyuwangi Gelontorkan Program Pemberdayaan ke Warga Lereng Gunung Ijen
Penyaluran bantuan program pemberdayaan oleh Bupati Banyuwangi, Ipuk Fiestiandani. (Foto: Istimewa).

BANYUWANGI, Suaraindonesia.co.id - Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani kembali menjalani program Bupati Ngantor di Desa (Bunga Desa), Kamis (10/08/2023). Kali ini, Ipuk berkantor di Desa Kluncing, Kecamatan Licin. Berbagai program pemberdayaan masyarakat dijalankan di desa yang terletak di lereng Gunung Ijen itu. 

Sekali dalam sebulan, Bupati Ipuk memboyong jajarannya untuk berkantor di desa-desa, merumuskan masalah yang ada di desa, serta menyelesaikan segala permasalahan yang dialami oleh warga. Mulai administrasi kependudukan (adminduk), pengurusan izin usaha, anak putus sekolah, pembangunan infrastruktur, hingga pelayanan kesehatan “diboyong” Ipuk ke desa lokasi Bunga Desa.

Saat di Desa Kluncing, sejumlah program pemberdayaan juga digelontorkan, khususnya kepada petani setempat. Mayoritas penduduk Kluncing adalah petani. Ipuk memberikan bantuan 400 bibit kelapa genjah, 500 bibit kopi robusta, dan pupuk organik cair sebanyak 500 liter untuk mendukung pertanian organik warga setempat.

“Tadi juga kita bagikan bantuan peralatan untuk petani dan penyadap nira, karena disini banyak petani aren. Bantuannya berupa pisau penderes kelapa, ratusan jerigen, dan cetakan gula. Gula aren produksi petani di sini terkenal dengan produk organiknya,” kata Ipuk.

Di desa ini, Ipuk juga meninjau pelaksanaan pendampingan pada usaha mikro melalui Teman Usaha Rakyat (TUR). TUR merupakan tim yang diberi tugas khusus untuk mendampingi peningkatan kelas UMKM. 

“Kalau dalam Program Keluarga Harapan (PKH) ada Pendamping PKH, maka untuk pendampingan UMKM di Banyuwangi memiliki Teman Usaha Rakyat,” jelas Ipuk. 

TUR mendampingi 5-10 UMKM untuk dibantu dari berbagai sisi, seperti digitalisasi, pengurusan izin, sertifikasi seperti PIRT, dan sebagainya. Di Bunga Desa ini, mereka yang memiliki usaha mikro langsung didampingi untuk pengurusan izin administrasi usaha mereka. Ipuk juga menyalurkan bantuan peralatan untuk peningkatan warung rakyat.

Layanan kependudukan yang diadakan selama Bunga Desa mendapat animo yang tinggi dari warga. Digelar selama dua hari, ratusan warga setempat memanfaatkan kesempatan tersebut untuk mengurus berbagai dokumen kependudukan. Mulai dari pembaharuan KTP, perubahan Kartu Keluarga. Warga juga difasilitasi pendaftaran pupuk subsidi.

Di desa yang dikenal dengan deretan kolam ikannya yang bening, Ipuk juga menggelar kampanye UKS kepada siswa sekolah. Siswa SD dan SMP setempat melakukan program skrining kesehatan pada anak yang dipusatkan di SDN 1 Kluncing. Di sana siswa remaja putri diperiksa hadar hemoglobin (HB) untuk mendiagnosis anemia. Mereka juga diberi tablet penambah darah untuk diminum bersama-sama.

"Pemeriksaan HB agar para remaja putri bisa dideteksi sejak dini dan untuk memastikan mereka tidak menderita anemia. Siswa SD tadi juga kami beri obat cacing," kata Ipuk.

Selain itu, Ipuk juga menjenguk ibu hamil beresiko tinggi, anak stunting, dan lansia sakit. Kunjungan ini memastikan warga dengan kondisi di atas mendapatkan penanganan kesehatan yang rutin dari petugas. 

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Muhammad Nurul Yaqin
Editor : Lukman Hadi

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV