SUARA INDONESIA

Klaim Sukses Realisasi Jamula, Pemkab Lamongan Jalin Kerjasama dengan PLN Garap PJU

Irqam - 09 January 2024 | 14:01 - Dibaca 786 kali
News Klaim Sukses Realisasi Jamula, Pemkab Lamongan Jalin Kerjasama dengan PLN Garap PJU
Pemkab Lamongan bersama PT PLN (Persero) Unit Induk Distribusi Jawa Timur Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Bojonegoro, Gresik, Mojokerto, dan Sidoarjo melakukan MoU untuk program PJU. (Foto: Istimewa)

SUARA INDONESIA, LAMONGAN - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lamongan mengklaim telah sukses merealisasikan program prioritas insfratruktur jalan mantap dan alus Lamongan (Jamula). Saat ini, pemerintah dibawah kepemimpinan Bupati Yuhronur Efendi ini akan memprioritaskan penerangan jalan umum (PJU) yang berkualitas untuk masyarakat.

Memastikan program berjalan, Pemkab Lamongan bersama PT PLN (Persero) Unit Induk Distribusi Jawa Timur Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Bojonegoro, Gresik, Mojokerto, dan Sidoarjo melakukan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) di ruang Command Center Pemkab Lantai 3, Senin (8/01/2023).

"Memang tugas Pemerintah ialah memenuhi kebutuhan masyarakat. Seperti pembangunan jalan yang layak untuk mendukung mobilisasi masyarakat sehari-hari. Untuk progres Jamula tahun 2023 ini sudah 76 persen. Tidak hanya pembangunan jalan saja, Pemkab Lamongan juga akan memenuhi kebutuhan masyarakat di bidang PJU," kata Bupati Lamongan Yuhronur Efendi usai menandatangani kerjasama yang berlaku selama 5 tahun kedepan.

Bupati Lamongan yang akrab disapa Pak Yes ini menyebutkan PJU merupakan salah satu pendukung keselamatan masyarakat, utamanya dalam berkendara di jalan raya.

"Seiring dengan berkembangnya zaman, listrik merupakan kebutuhan pokok masyarakat. Melalui kerjasama ini kami akan terus mendorong supaya pemanfaatan listrik lebih tertib lagi," ungkap Pak Yes.

MoU yang berisi tentang sinergi peningkatan pembangunan dan pelayanan publik serta pelaksanaan pemungutan dan penyetoran pajak dan barang jasa tertentu atas tenaga listrik ini sesuai dengan Undang Undang nomor 1 Tahun 2022 dan Perda nomor 10 Tahun 2023 tentang pajak Daerah dan retribusi Daerah.

Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Lamongan Pujo Broto Iriawan Putra menambahkan bahwa PAD penerangan lampu jalan tahun 2023 melampaui target. Hasil yang mampu dicapai sebesar 69,90 Miliar dari target 66 Miliar.

"Alhamdulillah Kabupaten Lamongan mampu melampaui target pada tahun 2023, semoga PAD penerangan lampu jalan tahun 2024 yang ditargetkan 86 Miliar juga mampu terealisasi," terang Pujo.

Sementara itu, Manager PLN UP3 Bojonegoro, Cynthia Dewi Ariyani berharap agar kerjasama ini tidak hanya untuk meningkatkan PAD dan penertiban pemakaian listrik. Namun juga melakukan perluasan ke daerah-daerah Lamongan yang membutuhkan listrik. Karena saat ini listrik salah satu pendukung berkembangnya potensi masyarakat.

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Irqam
Editor : Mahrus Sholih

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV