SUARA INDONESIA

DPR RI Bakal Kaji Usulan KUA Jadi Tempat Nikah Semua Agama

Heri Suroyo - 26 February 2024 | 15:02 - Dibaca 597 kali
News DPR RI Bakal Kaji Usulan KUA Jadi Tempat Nikah Semua Agama
Ketua Komisi VIII DPR RI Ashabul Kahfi. (Foto: Istimewa)

SUARA INDONESIA, JAKARTA - Ketua Komisi VIII DPR RI Ashabul Kahfi, meminta wacana Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas yang ingin menjadikan Kantor Urusan Agama (KUA) sebagai tempat mencatat pernikahan semua agama, dikaji mendalam. Pelaksanaan rencana tersebut harus disiapkan dengan matang.

“Saya pada prinsipnya mendukung ide bahwa Kementerian Agama harus melayani semua agama, saya menekankan pentingnya kajian mendalam dan persiapan yang matang,” kata Kahfi dalam keterangannya di Jakarta, Senin, 26 Februari 2024.

Kahfi mengatakan, kajian mendalam dan persiapan matang itu bisa dilakukan melalui dialog dengan pemuka agama dan komunitas dari semua agama. Dia mengingatkan pentingnya kajian dampak sosial serta penyiapan regulasi dan SDM yang memadai sebelum mengimplementasikan rencana tersebut.

"Kita harus memastikan kebijakan ini diimplementasikan dengan cara yang harmonis dan inklusif, sesuai dengan semangat keragaman dan toleransi yang menjadi fondasi bangsa Indonesia," ujarnya.

Politikus Partai Amanat Nasional (PAN) ini juga meminta, rencana untuk menjadikan KUA tempat mencatat pernikahan semua agama harus dapat dilihat dari sisi sosiologi agama.

"Dari sisi sosiologi agama, Indonesia adalah negara dengan keragaman agama yang sangat tinggi. Masing-masing agama memiliki tradisi dan prosedur pernikahannya sendiri," katanya.

Menurutnya, untuk menjadikan KUA sebagai tempat pencatatan pernikahan semua agama juga membutuhkan pemahaman yang mendalam tentang keragaman Indonesia.

"Lalu pentingnya sensitivitas terhadap kebutuhan dan harapan dari setiap kelompok agama," tuturnya.

Kemenag, kata dia, juga harus mempersiapkan banyak SDM. Sebab, pencatatan pernikahan semua agama mengharuskan pegawai KUA di Indonesia berlatar belakang semua agama.

"Memiliki pengetahuan dan pelatihan yang cukup tentang ritual dan hukum pernikahan dari berbagai agama. Dan perlu riset lebih lanjut soal kebutuhan SDM, maupun pelatihan khusus untuk itu," jelas Ashabul.

Kahfi menekankan rencana menjadikan KUA tempat mencatat pernikahan semua agama turut memerlukan peninjauan dan alokasi anggaran yang jelas.

"Kita perlu memastikan dana yang dibutuhkan untuk rekrutmen dan pelatihan SDM, penyesuaian infrastruktur, dan kebutuhan operasional lainnya dapat dipenuhi. Pastinya ini butuh anggaran sangat besar," kata dia.

Meski demikian, dia mengapresiasi inisiatif yang dilontarkan Menteri Agama sebagai sebuah langkah inklusif. Dia menilai hal itu memperlihatkan komitmen pemerintah dalam melayani kebutuhan semua warga negara tanpa memandang agama.

"Prinsip bahwa Kementerian Agama harus melayani semua agama adalah sesuatu yang kami dukung," kata Kahfi. (*)

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Heri Suroyo
Editor : Mahrus Sholih

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV