SUARA INDONESIA

Edisi Lebaran, Masyarakat Blitar Antusias Berebut Ketupat di Kampung Cokelat

Arik Susanto - 17 April 2024 | 18:04 - Dibaca 478 kali
News Edisi Lebaran, Masyarakat Blitar Antusias Berebut Ketupat di Kampung Cokelat
Kirab Tumpeng Ketupat Cokelat di Wisata Kampung Cokelat Desa Plosorejo, Kecamatan Kademangan, Kabupaten Blitar. (Foto: Susanto/Suara Indonesia)

SUARA INDONESIA, BLITAR - Masih di nuansa Lebaran, masyarakat Kabupaten Blitar, Jawa Timur, antusias mengikuti Kirab Tumpeng sekaligus berebut Ketupat Coklat di Wisata Kampung Cokelat Desa Plosorejo Kecamatan Kademangan, Rabu (17/04/24).

Sebanyak 2.000 ketupat telah disiapkan dan diwujudkan dalam sebuah tumpeng yang berbentuk seperti gunung. Kemudian, tumpeng tersebut diarak di sekitar Wisata Kampung Cokelat dan selanjutnya bisa diambil oleh masyarakat maupun pengunjung yang datang. 

Salah satu pengunjung, Ardian mengaku tertarik setelah melihat pemberitaan soal pelaksanaan Kirab Tumpeng Ketupat Coklat. Ternyata, setelah mengikuti acara menjadi lebih seru karena bercampur dengan pengunjung lain berebut Ketupat Coklat. 

"Senang sekali bisa merasakan Ketupat Coklat, semoga tahun depan tetap dilaksanakan dan kalau bisa porsinya ditambah biar ketika kami sekeluarga datang mendapat ketupat gratis," kata Dian bernada bercanda. 

Sementara itu, pemilik tempat wisata Kampung Coklat Kabupaten Blitar, Kholid Mustofa menjelaskan, agenda Kirab Tumpeng ini sudah menjadi tradisi dan dilakukan secara rutin setiap tahun atau tepatnya digelar saat momen lebaran. 

"Alhamdulilah, pada tahun ini dapat melaksanakan Kirab Tumpeng dengan masyarakat. Semoga memberikan manfaat dan juga mengenalkan wisata edukasi Kampung Cokelat secara luas," kata Kholid kepada awak media. 

Kholid berharap, dengan digelarnya acara Kirab Tumpeng Ketupat Coklat dapat memberikan pemahaman kepada masyarakat terkait pelestarian budaya lokal. Selain itu, juga meningkatkan kunjungan wisatawan di Kampung Cokelat Blitar. 

"Saya menyampaikan terima kasih kepada Bupati Blitar Rini Syarifah yang sudah hadir sekaligus membuka acara ini. Semoga kehadiran orang nomor satu di Kabupaten Blitar membawa keberkahan bagi semuanya," imbuhnya. 

Saat dikonfirmasi, Bupati Blitar Rini Syarifah  menyatakan dukungannya terhadap pelaksanaan agenda Kirab Tumpeng. Menurutnya, dengan acara seperti ini dapat mengenalkan potensi Kabupaten Blitar termasuk Wisata Kampung Cokelat. (*)

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Arik Susanto
Editor : Mahrus Sholih

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV