SUARA INDONESIA

Rengganis Race and Challenge 2023 di Situbondo, Buka Investasi dan Promosi Wisata

Syamsuri - 29 October 2023 | 11:10 - Dibaca 1.81k kali
Olahraga Rengganis Race and Challenge 2023 di Situbondo, Buka Investasi dan Promosi Wisata
Ratusan peserta balap sepeda mulai start dari Pendopo Aryo Situbondo menuju pantai Pathek lewat Olean terus ke Kendit dan ke pantai Bletok, Kecamatan Bungatan.. ( Foto : Syamsuri/Suara Indonesia. co.id)

SITUBONDO, Suaraindonesia. co. id - Sebanyak 205 pembalap sepeda dari dalam dan luar negeri mengikuti even Sport Tourism Situbondo Rengganis Race and Challenge 2023, Minggu (29/10/2023) pagi. 

Even ini diikuti pembalap mancanegara:  Spanyol, Belanda dan Rusia.  Sementara, dari dalam negeri, pembalap terdiri dari 6 provinsi, Jawa Timur,  Jawa Barat, Yogyakarta, DKI Jakarta, Bali dan Kalimantan Barat.

Balap sepeda  dimulai dari Pendopo Aryo Situbondo. Menuju pantai Pathek lewat Olean. Kemudian, ke Kendit serta  istirahat di Pantai Bletok, Bungatan. Rute berikutnya  ke Desa Jetis. Dari Desa Jetis ini titik nol dimulainya balapan menuju lapangan Rengganis Kecamatan Sumbermalang yang berjarak 14 km dengan jalan yang menanjak.

"Kami berharap even  olahraga balap sepeda nasional dan internasional yang diprakasai oleh Pemerintah Kabupaten Situbondo ini menandakan Kabupaten Situbondo punya daya tarik sendiri bagi para wisatawan dan pengusaha untuk datang dan berinvestasi ke Situbondo," kata  Deny Wahyu Pribadi, Ketua Umum KONI Situbondo, saat menyampaikan laporan di Pendopo Aryo Situbondo.

Bupati Situbondo, Karna Suswandi menyatakan rasa syukurnya berbagai trend positif Kabupaten Situbondo  mulai terekam oleh para pengusaha yang ada. Sehingga pertumbuhan ekonomi di Situbondo terus tumbuh dengan baik ditambah pendapatan per kapita yang terus naik.

"Berbagai even yang kita gelar menjadikan para pengusaha bisa hadir untuk berinvestasi dan tentu ini sangat membanggakan kita semuanya," katanya.

Sebab, menurut Karna, para pengusaha masih yang trauma dengan Kabupaten Situbondo karena sulit mengurus perijinan dan  berinvestasi.

"Traumatik yang semacam ini sekarang sudah mulai pudar dan ini terbukti karena ada beberapa pengusaha yang akan menanam modalnya di Kabupaten Situbondo,"ujarnya.

Oleh karena itu, Karna mengajak seluruh komponen masyarakat yang ada, agar bisa menjaga kondusifitas wilayah ini dengan sebaik baiknya, mari kita dukung berbagai even yang kita lakukan, karena even ini adalah untuk menghadirkan berbagai masyarakat dari luar daerah dan manca negara untuk bisa datang ke Situbondo.

"Dengan adanya even ini mereka bisa berbelanja di Situbondo, artinya uang yang dibelanjakan oleh masyarakat dari luar daerah bisa beredar di Kabupaten Situbondo. Akhirnya itu akan menambah uang beredar, sehingga ke depan pertumbuhan ekonomi kita akan tumbuh dengan baik," katanya.

Kata Karna Suswandi, even nasional dan internasional yang diselenggarakan okeh Pemerintah Kabupaten Situbondo ini adalah awal, namun demikian ini sangat positif dan bahkan dengan persiapan kurun waktu satu setengah bulan yang bersosialisasi tentang ini, event balap sepeda tingkat nasional dan Internasional ini sudah banyak peserta yang mengikuti.

"Tentu event ini sesuatu yang baik, walaupun di waktu yang bersamaan di tempat lain yaitu di Jogjakarta juga mengadakan event yang sama seperti ini, tetapi alhamdulillah even yang disenggaralan di Situbondo ini menarik perhatian  masyarakat nusantara dan luar negeri yakni Belanda, Spanyol dan negara Rusia," tuturnya.

Lebih lanjut Karna Suswandi menjelaskan, even yang diselenggarakan ini membanggakan masyarakat. Sehingga, masyarakat tak  hanya menikmati hiburan, tetapi juga mendapatkan manfaat dari kunjungan orang orang dari berbagai daerah. Terutama, sektor UMKM dan perhotelan.

"Pemkab Situbondo  saat ini telah menjamin para pengusaha yang ingin berinvestasi di Kabupaten Situbondo, karena kita sudah punya inovasi namanya Nyara Investasi, Nyaman dan Ramah Investasi  tentu ini akan terus kita gaungkan agar para pengusaha bisa percaya dengan kabupaten yang kita cintai ini," pungkasnya.

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Syamsuri
Editor : Danu Sukendro

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV