SUARA INDONESIA

Apresiasi Kinerja Bupati Situbondo, Direktur JP RaBa Beri Penghargaan

Syamsuri - 08 March 2023 | 22:03 - Dibaca 1.17k kali
Pemerintahan Apresiasi Kinerja Bupati Situbondo, Direktur JP RaBa Beri Penghargaan
Direktur Jawa Pos Radar Banyuwangi, Samsudin Adlawi Saat Memberikan Penghargaan Kepada Bupati Situbondo (Foto : Syamsuri/suaraindonesia.co.id)

SITUBONDO – Direktur Jawa Pos Radar Banyuwangi, Samsudin Adlawi memberikan penghargaan kepada Bupati Situbondo, Karna Suswandi. 

Hal itu sebagai bentuk apresiasi lantaran mampu mengembangkan potensi wisata di Labuhan Merak Baluran di Desa Sumberwaru, Kecamatan Banyuputih, Situbondo.

Bung Karna, sejak mulai baru menjabat sebagai Bupati Situbondo, setiap satu tahun sekali selalu rutin memberikan bantuan pupuk gratis kepada para petani. Di tahun 2022 saja, total pupuk yang dikucurkan sebanyak 665 ton pupuk urea non subsidi kepada petani.

Mereka yang bisa mendapatkan pupuk gratis hanya bagi petani yang memiliki luas lahan di bawah 0,5 hektare. Sehingga petani petani kecil sudah tidak kesulitan lagi untuk mendapatkan pupuk. 

Selain itu, kesejahteraan guru ngaji pada era Bupati Karna juga ditingkatkan dari yang semula hanya mendapatkan 1,1 juta dinaikkan menjadi 1,5 juta yang tersebar di 136 Desa/Kelurahan. 

“Apa yang sudah dilakukan oleh bupati bisa menjadi contoh bagi warga di Situbondo. Bupati Bung Karna ini punya ide kreatif dan ide itu dijalankan dengan cerdas sehingga berhasil,” ujarnya. 

Dia mencontohkan, labuhan merak baluran Situbondo terdapat potensi wisata yang sangat bagus. Dengan kepemimpinannya dia bisa mengelola dengan membuka akses jalan ini dilakukan supaya bisa menarik wisata. 

Kata Syamsudin, lokasi yang ada di wilayah timur Situbondo itu memiliki spot wisata yang tidak kalah menarik dengan wisata yang ada Kute, Bali serta Labuhan Baju, dan tempat wisata lainnya. 

“Selama ini Merak itu ibarat mutiara terpendam yang tidak pernah dilihat oleh orang.Padahal mengandung potensi wisata yang sangat bagus, kalau ini dikelola dengan bagus, wisatawan luar pasti akan beramai ramai berkunjung ke wisata tersebut,” ucapnya.

Dia juga mengatakan, bahwa Bupati Karna juga berani untuk mengambil langkah pengelolaan wisata tersebut, mulai dari pintu masuk para wisatawan juga bisa melihat potensi wisata yang ada seperti pembangunan jalan yang sudah mulai dikerjakan.

“Upaya Bupati untuk membuka wisata dan mengoptimalkan potensi wisata itu tepat. Karena memang tempatnya layak dan sangat bagus untuk dikembangkan pengelolaannya. Insyallah tempat ini akan menjadi sebuah destinasi andalan di Jawa Timur,” tuturnya. . 

Kemudian, tidak hanya spot wisata yang akan dilirik oleh para wisatawan yang datang untuk menikmati wisata bahari tersebut. Bahkan, pihak investor juga akan tertarik untuk mendidikan hotel di Situbondo.

“Jadi saya tadi malam (Selasa malam) berbincang-bincang dengan Bupati. Tidak lama lagi Situbondo akan dibangun hotel kelas bintang seperti di daerah lain,” bebernya. 

Udi mengaku, pentingnya ada hotel berbintang itu untuk kenyamanan wisatawan yang datang mengunjungi area wisata. Karena ketika hotel tersebut pelayanan maupun fasilitas yang tersedia terbatas, hal ini akan menggangu kenyamanan pengunjung.

“Orang yang berkunjung ke suatu tempat untuk menikmati wisata dan bermalam maka dia akan menginap di hotel. Kalau hotelnya kurang nyaman, insyaallah mereka tidak akan kembali lagi. mereka akan mencari tempat penginapan lain yang lebih nyaman,” jelasnya. 

Selain itu, Udi menjelaskan, pilihan untuk mengembangkan destinasi tempat wisata dinilai sangat tepat. Karena dengan adanya wisata yang banyak dikunjungi oleh orang, maka ekonomi di tempat destinasi dan ekonomi sekitar Situbondo akan ikut terungkit. 

“Ketika itu nantinya terjadi, peredaran uang di Situbondo akan semakin banyak,” pungkasnya. 

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Syamsuri
Editor : Satria Galih Saputra

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV

Pemerintahan

View All
EDISI, 14 MARET 2024
14 March 2024 - 19:03
EDISI, 14 MARET 2024
EDISI, 12 FEBRUARI 2024
12 February 2024 - 17:02
EDISI, 12 FEBRUARI 2024
EDISI, 11 FEBRUARI 2024
11 February 2024 - 07:02
EDISI, 11 FEBRUARI 2024
EDISI, 09 JANUARI 2024
09 February 2024 - 17:02
EDISI, 09 JANUARI 2024
EDISI, 08 FEBRUARI 2024
08 February 2024 - 17:02
EDISI, 08 FEBRUARI 2024