SUARA INDONESIA

Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Sosialisasi Tahapan PPDB ke 131 SMP Jombang

Gono Dwi Santoso - 09 May 2023 | 16:05 - Dibaca 1.03k kali
Pendidikan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Sosialisasi Tahapan PPDB ke 131 SMP Jombang
Senen, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Jombang saat membuka sosialisasi PPDB di SMPN 3 Peterongan Jombang, Selasa ( 09/05/2023).

 

JOMBANG - Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Jombang melakukan sosialisasi PPDB tahun 2023 yang di hadiri oleh  131 Kepala SMP negeri/swasta dan 21 Kepala korwilker Pendidikan Kecamatan di SMPN 3  Peterongan Kabupaten Jombang, Selasa (09/05/2023).

Dalam kegiatan sosialisasi ini di buka langsung oleh kepala dinas pendidikan dan kebudayaan kabupaten Jombang Senen .S.Sos M.Si dan di lanjutkan penamparan materi oleh Kabid SMP dinas pendidikan dan kebudayaan kabupaten Jombang.

Ditemui saat selesai acara sosialisasi kepala dinas pendidikan dan kebudayaan kabupaten Jombang Senen S.Sos mengatakan hari ini kita adakan sosialisasi PPDB yang diikuti oleh 131 Kepala Sekolah SMP baik Negeri maupun Swasta dan  21 Korwilker  di Jombang

" Tujuan kegiatan ini adalah agar  kepala sekolah baik SMP negeri maupun swasta segera mensosialisasikan kepada wali murid sehingga tidak menghambat pada saat anak-anak menentukan pilihan sekolah untuk bersekolah," terangnya.

Senen menambahkan  yang pertama terkait dengan ketentuan PPDB ini segera disosialisasikan kepada orang tua kepada wali murid sehingga tidak menghambat pada saat anak-anak menentukan pilihan sekolahnya 

" Sekarang sudah memasuki pendaftaran periode pendataan  yang sudah dimulai pada 2 Mei sampai dengan 15 Juni 2023 sedangkan nanti untuk pendaftaran periode seleksi dilaksanakan pada 23 sampai 28 Juni 2023 ," pungkasnya 

Dalam sosialisasi tersebut di Isi oleh Kabid SMP Dinas pendidikan Musyafak Efendi menjelaskan mekanisme terkait pelaksanaan pendaftaran PPDB tahun 2023 diantaranya syarat  dukumen yang di persiapkan SMP antara lain,Akta kelahiran, kartu keluarga ( KK ) ,kartu pendaftar arfirmasi harus masih aktif ( PKH, Jombang sehat,PIP ,Kis, dll) piagam prestasi untuk jalur prestasi.

Selanjutnya di berikan penjabaran tentang evaluasi pelaksanaan PPDB tahun 2022 
1 Banyak terdapat surat mutasi wali peserta didik ( jalur perpindahan tugas ) yang di duga tidak benar khususnya yang bekerja di perusahaan perusahaan/swasta. 2  Terdapat KK yang di palsukan( tanggal terbit KK) 

3 calon peserta didik diharuskan memfoto lokasi 3 titik ( depan rumah, tengah rumah dan belakang rumah) hal tersebut membuat kalibrasi titik koordinat agak bermasalah terutama bagi yang memakai HP yang kurang canggih, sehingga tidak berhasil foto lokasi.
4 PPDB bermasalah, website  tidak bisa di akses, terangnya.

Musyafak menambahkan untuk PPDB tahun 2023 beda dengan tahun sebelumnya untuk tahun ini  wajib mengunakan akte kelahiran,kartu Indonesia pintar ( KIP) digital yang masih aktif dan dapat di unduh melalui aplikasi sipintar dan Sipma.Dan untuk tahun ini pindah tugas orang tua hanya untuk ASN ( PNS/ pppk ) TNI/ polri, BUMN/ BUMD.

"Untuk sertifikat perlombaan/ penghargaan tidak mengupload dokumen asli untuk tahun ini mengapload dokumen foto kopi yang sudah di legalisasi oleh induk organisasi/dinas terkait , terangnya.

Musyafak menambahkan untuk jalur zonasi tingkat SMP adalah jalur Pendaftaran PPDB yang memberikan kesempatan kepada calon peserta didik baru dengan Kuota 50 persen Dari daya tampung sekolah yang ditetapkan.

Jalur afirmasi adalah jalur Pendaftaran PPDB yang memberikan kesempatan kepada calon peserta didik baru dari keluarga tidak mampu 15 persendari daya tampung yang ditetapkan.

Jalur perpindahan tugas orang tua wali adalah jalur Pendaftaran PPDB yang memberikan kesempatan kepada calon peserta didik baru dengan kuota 5 persen dari daya tampung yang ditetapkan.

"Jalur prestasi adalah jalur pendaftaran PPDB yang memberikan kesempatan kepada calon peserta didik baru dengan Kuota 30 persen dari daya tampung sekolah yang di tetapkan termasuk  Prestasi Penghargaan Bidang Tahfidz Al-Qur’an  hafalan juz 30 yang dilaksanakan oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Jombang, " pungkasnya.

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Gono Dwi Santoso
Editor : Lukman Hadi

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV