SUARA INDONESIA

Longsor Runtuhkan Jalan Desa di Probolinggo, Satu Dusun Terisolir

Lutfi Hidayat - 05 October 2022 | 19:10 - Dibaca 2.21k kali
Peristiwa Daerah Longsor Runtuhkan Jalan Desa di Probolinggo, Satu Dusun Terisolir
Jalan beton di Dusun Puncaksari, Desa Sapih, Kecamatan Lumbang, Kabupaten Probolinggo runtuh tergerus longsor

PROBOLINGGO - Hujan deras di kawasan Kecamatan Sukapura dan Lumbang, Kabupaten Probolinggo menyebabkan tanah longsor.

Peristiwa itu terjadi pada Selasa (04/10/2022) sekitar pukul 16:30 WIB yang menyebabkan jalan beton penghubung antar dusun di Desa Sapih, Kecamatan Lumbang ambrol tergerus longsor.

Titik longsor berada di RT.15/RW.05 Dusun Puncaksari, Desa Sapih, Lumbang. Jalan desa sepanjang sekitar 25 meter itu runtuh yang menyebabkan dusun tersebut terisolir.

Kepala Bidang (Kabid) Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Probolinggo, Sugeng Suprisayoga mengatakan pihaknya telah mengirimkan petugas lapangan ke lokasi untuk membantu penanganan awal bersama pihak desa dan kecamatan setempat.


"Tadi kami sudah kirim tiga petugas ke lokasi, medannya memang cukup sulit. Kami kirimkan juga tujuh terpal untuk menutup bekas longsor, mengantisipasi kembali turun hujan agar longsor tak semakin parah," ungkapnya, Rabu (05/10/2022).

Tidak ada korban jiwa pada kejadian itu, sementara kerugian material dan infrastruktur masih dalam tahap assessment (penghitungan-red) dampak bencana.

Lebih lanjut, Sugeng meminta seluruh tim relawan Desa Tangguh Bencana (Destana) lebih anstisipatif dan responsif memantau dan melaporkan kondisi rawan bencana di desa masing-masing.

Mengingat musim hujan telah terjadi di beberapa kawasan, utamanya kawasan selatan (pegunungan) yang berpotensi terjadi bencana.

"Mari bersama-sama tanggap bencana. Kepada tim relawan Destana dimohon lebih lebih aktif memantau daerah rawan bencana, agar upaya antisipasi dan penanganan bencana bisa lebih maksimal," pungkasnya.

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Lutfi Hidayat
Editor : Imam Hairon

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV