SUARA INDONESIA

Cegah Gangguan Kamtib, Rutan kelas IIB Situbondo Gelar Razia di Kamar Hunian Warga Binaan

Syamsuri - 24 February 2023 | 02:02 - Dibaca 897 kali
Peristiwa Daerah Cegah Gangguan Kamtib, Rutan kelas IIB Situbondo Gelar Razia di Kamar Hunian Warga Binaan
Kepala Rutan Kelas IIB Situbondo, Rudi Kristiawan Saat Menunjukan Barang Bukti Hasil Razia (Foto : Syamsuri/suaraindonesia.co.id)

SITUBONDO - Rumah Tahanan (Rutan) Kelas IIB Situbondo menggelar razia gabungan bersama Polres dan Kodim 0823/Situbondo, Kamis (23/2/2023) malam. 

Kegiatan itu dilakukan dalam rangka pencegahan gangguan Kamtib dan perang terhadap Narkoba di Rutan kelas IIB Situbondo bentuk sinergitas penegakan hukum. 

Kepala Rutan Kelas IIB Situbondo, Rudi Kristiawan, mengatakan, ini bentuk sinergitas Kemenkumham RI yang kuat, Rutan Situbondo bersatu padu dengan aparat di Situbondo yaitu Polres dsn Kodim 0823 Situbondo melakukan razia di semua kamar hunian warga binaan Rutan Situbondo.

"Dari hasil razia tersebut tidak temukan hanpone dan narkoba, yang ada hanya pisau rakitan dari sendok dan dari sikat gigi, kedua alat ini harus kita sita dan kita amankan karena bisa mengancam nyawa orang melalui tusukan dan sebagainya," jelasnya. 

Selain itu, dalam razia tersebut juga ditemukan paku paku, kaca, hanger, potongan kuku, korek, pencukur, semua ini kita temukan dikamar hunian

"Upaya ini untuk mencegah terjadinya gangguan keamanan dan ketertiban dan hasil dari razia tersebut selanjutnya akan ditindaklanjuti dan kemudian dimusnahkan. Selain razia, juga dilaksanakan pemeriksaan urine yang diambil dari 11 sample dari warga binaan dan alhamdulillah hasilnya negatif semua," katanya 

Dijelaskan dia, razia gabungan dilaksanakan untuk semua blok tahanan dan narapidana, dan secara umum dari hasil razia tidak ditemukan adanya barometer yang bisa mengganggu keamanan.

Kendati demikian, semua barang yang berhasil disita pada kegiatan razia tersebut tetap akan dimusnahkan, dan kita buatkan berita acara. 

Sementara, untuk razia sendiri dilaksanakan secara rutin setiap dua kali seminggu.

“Kegiatan itu dilaksanakan agar Rutan Kelas IIB Situbondo benar-benar bersih dari narkotika dan benda terlarang lainnya,” katanya.

Lebih lanjut, Rudi mengatakan, selain razia narkotika dan barang-barang terlarang, juga dilakukan tes urine secara acak kepada warga binaan di rutan Situbondo.

“Dari 11 parameter tes urine tidak ditemukan hasil yang reaktif terhadap narkoba, kami berharap razia gabungan akan terus berlanjut untuk mewujudkan rutan yang benar-benar bersih dari narkotika,” bebernya.

Dalam kegiatan razia ini dipimpin oleh Kepala Rutan Kelas IIB Situbondo, pejabat struktural, staf, dan seluruh anggota jaga bersama dengan personil dari Polres Situbondo dan Kodim 0823/Situbondo. 

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Syamsuri
Editor : Satria Galih Saputra

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV