SUARA INDONESIA

Peduli Stunting, Polres Lumajang Berikan Makanan dan Minuman Bergizi

Ahmad Zainul Hamdi - 30 March 2023 | 16:03 - Dibaca 728 kali
TNI/Polri Peduli Stunting, Polres Lumajang Berikan Makanan dan Minuman Bergizi
Petugas Kepolisian Saat Memberikan Bantuan (Foto : Achmad/suaraindonesia.co.id)

LUMAJANG - Bid1okkes bersama Sat Binmas Polres Lumajang memberikan bantuan kepada anak penderita Stunting di wilayah Kecamatan Rowokangkung, Kamis (30/3/2023).

Menurut Kasat Binmas Polres Lumajang AKP Didik Sugiarto, Stunting adalah masalah gizi kronis akibat kurangnya asupan gizi dalam jangka waktu panjang, sehingga mengakibatkan terganggunya pertumbuhan pada anak. 

"Stunting juga menjadi salah satu penyebab tinggi badan anak terhambat, sehingga lebih rendah dibandingkan anak-anak seusianya," katanya kepada awak media. 

Pemberian bantuan anak-anak penderita stunting oleh Biddokes dan Sat Binmas ini, kata Kasat Binmas, dilaksanakan di 3 lokasi berbeda, diantaranya Ghea Kirana Fitria Andriani (3), warga Dusun Karanganyar, Desa Dawuhan Wetan, Kecamatan Rowokangkung. 

"Untuk anak aktif, mau minum susu makan sulit hanya 3-5 sendok, berat bedan sama tinggi badan sudah bisa meningkat tiap bulan, untuk bicara lambat dari yang seharusnya, cuma bisa beberapa kata belum bisa satu kalimat," paparnya.

Yang kedua, berlokasi di rumah Elsa Alfiani Az-Zahra (2,3), warga Dusun Kedungkangkung, Desa Dawuhan Wetan, Kecamatan Rowokangkung.

"Sesuai dengan data subyektifnya, kondisi anak tidak bisa berjalan sendiri, jalan sambil di pegangi kedua tangannya, berat bedan tidak bisa naik sejak usia 20 bulan, tidak bisa makan atau memegang sesuatu sendiri. kurang bisa berinteraksi dengan anak sebaya," terangnya lagi.

Sedangkan lokasi yang ketiga, berada di rumah Mikaila Halwatu Zahra (3), dengan data subyektif kondisi anak berat badan tidak naik sejak usia 21 bulan, bicara lancar interaksi dengan teman sebaya baik, sudah bisa berjalan, makan kadang mau kadang tidak dibantu dengan susu formula.

"Kami memberikan bingkisan makanan dan minuman bergizi bagi anak stunting yang menjadi binaan Rumah sakit Bhayangkara Lumajang," tambahnya.

Memberikan bantuan ini, dikatakan AKP Didik, sebagai kepedulian kepada anak-anak penderita stunting dengan harapan anak-anak dapat tumbuh sehat sesuai dengan masa perkembangannya dan Kabupaten Lumajang zero stunting.

"Kegiatan ini dilaksanakan untuk membantu memenuhi gizi anak-anak penderita stunting, dengan harapan dapat tumbuh secara normal dan sebagai bentuk kepedulian dan kasih sayang Kepolisian khususnya Polres Lumajang terhadap anak-anak," jelasnya.

AKP Didik mengimbau kepada semua orang tua untuk tetap menjaga pola makan anaknya, terutama makan makanan yang bergizi, serta secara rutin membawa anaknya ke puskesmas atau posyandu untuk pengecekan kesehatannya.

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Ahmad Zainul Hamdi
Editor : Satria Galih Saputra

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV