SUARA INDONESIA

Ikuti Pembekalan, 74 Modin Wanita Kota Kediri Bakal Terima Insentif Bulanan

Phepen - 04 July 2023 | 20:07 - Dibaca 2.60k kali
Komunitas Ikuti Pembekalan, 74 Modin Wanita Kota Kediri Bakal Terima Insentif Bulanan
Forum Group Discussion (FGD) Modin Wanita oleh Pemerintah Kota Kediri. (Foto: Phepen/Suaraindonesia.co.id).

KEDIRI, Suaraindonesia.co.id - Keberadaan modin wanita di Kota Kediri bukan lagi menjadi hal baru. 

Kiprah Modin wanita tersebut sangat terasa terutama dalam membantu proses pemulasaraan jenazah muslim wanita di Kota Kediri.

Memahami begitu pentingnya peranan mereka, Pemerintah Kota Kediri melalui bagian Kesejahteraan Rakyat memberikan pembekalan kepada pada Modin wanita, Selasa (04/07/2023).

Pembekalan ini dilaksanakan di salah satu hotel di Kota Kediri dan diikuti oleh 74 modin wanita yang tersebar di masing-masing wilayah kelurahan di Kota Kediri.

Kepala Bagian Kesra Pemerintah Kota Kediri Ahmad Zainuddin, mengatakan kegiatan tersebut rutin dilakukan setiap tahun.

Kegiatan Focus Grup Discussion (FGD) bersama para modin wanita di Kota Kediri, bertujuan untuk memperkaya mereka dengan ilmu-ilmu tentang kemodinan. Utamanya berkaitan dengan pemulasaraan jenazah muslim wanita.

"Dengan demikian, ketika berada di lapangan dan melaksanakan dedikasi mereka sebagai modin semakin lancar dengan pembekalan ilmu-ilmu yang didapatkan pada kesempatan ini," ujarnya.

Lebih lanjut, pihaknya mengaku bahwa melalui kegiatan ini dapat merefresh ilmu-ilmu yang sebelumnya didapatkan oleh mereka. Dan jika sebelumnya belum pernah ikut kegiatan serupa, maka bisa upgrade ilmu pada forum FGD tersebut.

"Kami sekaligus memonitoring para modin perempuan apabila ada masalah-masalah yang ditemui dilapangan, bisa disampaikan dan dicari solusinya bersama-sama," imbuh Zainuddin.

Disamping itu, sebagai bentuk apresiasi Pemerintah Kota Kediri terhadap dedikasi yang telah ditorehkan oleh para modin perempuan di setiap wilayah kelurahan ini, pihaknya mengatakan bahwa mulai tahun 2023 ini mereka akan menerima insentif dari Pemerintah Kota Kediri setiap bulannya.

"Jumlahnya memang tidak begitu besar, namun kami harap dengan penyampaian insentif bulanan dari Pemerintah Kota Kediri ini dapat dimaknai sebagai wujud penyemangat untuk tetap berkiprah di lingkungan masyarakat, karena memang keikhlasan mengabdi semata," ucap dia.

Sebagaimana dirasakan oleh salah seorang peserta kegiatan sekaligus modin wanita di wilayah kelurahan Kaliombo, Mersi, bahwa pembekalan yang diberikan oleh Pemkot Kediri sangat bermanfaat, terutama bagi dirinya yang baru menjadi modin wanita.

"Saya itu memang baru jadi modin, baru tiga bulan yang lalu. Saya ingin mengabdi kepada masyarakat lingkungan tempat tinggal saya, membantu proses pemulasaraan jenazah wanita muslim di wilayah saya," ucapnya.

Ia juga mengaku sangat senang dengan kegiatan tersebut, sebab dapat meningkatkan pengetahuannya tentang pemulasaraan jenazah perempuan sehingga dalam menjalankan tugasnya lebih percaya diri.

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Phepen
Editor : Lutfi Hidayat

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV