SUARA INDONESIA

Sarana Menjalin Ukhuwah Islamiyah Antar Warga, Perum di Banyuwangi Gelar Bazar Ramadan

Muhammad Nurul Yaqin - 25 March 2023 | 20:03 - Dibaca 1.58k kali
Ekbis Sarana Menjalin Ukhuwah Islamiyah Antar Warga, Perum di Banyuwangi Gelar Bazar Ramadan
Bazar Ramadan yang digelar Perumahan Puri Brawijaya Permai Cluster Patung Kuda, Kelurahan Mojopanggung, Kecamatan Giri, Banyuwangi.

BANYUWANGI - Setiap memasuki bulan ramadan, para pelaku subsektor ekonomi kreatif selalu memunculkan bisnis-bisnis baru. Tak hanya itu, di beberapa tempat juga hadir bazar Ramadhan yang memeriahkan suasana bulan puasa.

Bazar umumnya diselenggarakan oleh pemerintah setempat, yayasan, organisasi, maupun perusahaan swasta. Namun, di perumahan ini justru lahir dari warga.

Hal unik yang dilakukan warga Perumahan Puri Brawijaya Permai Cluster Patung Kuda, Kelurahan Mojopanggung, Kecamatan Giri, Banyuwangi ini, terdapat 17 lapak warga yang meramaikan Bazar Ramadan sebagai bentuk sarana menjalin ukhuwah islamiyah antar warga.

Ketua Paguyuban Puri Brawijaya Cluster Patung Kuda sekaligus koordinator Bazar Ramadan Tubagus Rizki Fadli mengungkapkan rasa bangga karena bazar ini dapat diselenggarakan.

"Kami sangat bangga karena bazar ini dapat terselenggara. Mereka berkumpul disini selain untuk membeli menu iftar juga menyambung ukhuwah islamiyah antar warga perumahan," ungkap Tubagus, Sabtu (25/3/2023).

Tak hanya itu, jika bazaar ini ramai, Tubagus akan meneruskan kegiatan bazar seperti ini setiap minggu setelah lebaran Idul Fitri 1444 H tahun ini.

"Kita akan terus monitoring dan evaluasi setiap harinya. Karena ini merupakan bentuk pemberdayaan masyarakat serta memajukan UMKM terutama ibu-ibu warga disini. Dan yang paling penting adalah higienitas dan kebersihan harus selalu terjaga. Jika pengunjung puas pasti akan kembali lagi dan para UMKM yang akan merasakan dampaknya secara langsung," pungkas Tubagus.

Biasanya, bazar di bulan Ramadan menjadi momentum bagus yang dimanfaatkan banyak pelaku usaha untuk berjualan.

Turut hadir, Lurah Mojopanggung, Tri Suko Widodo, sangat mendukung kegiatan bazar ramadan di sini sesuai arahan Bupati Banyuwangi sebagai bentuk menggeliatkan UMKM lokal pasca pandemi.

"Kami memberikan dukungan kepada warga untuk dapat berkembang dan juga memberikan perizinan akses lokasi. Kami berharap, UMKM disini bisa terus tumbuh karena dianggap paling kebal dengan resesi. kata Suko.

Tri Suko mengaku, di Kelurahan Mojopanggung hanya ada satu-satunya bazar di Kelurahan yang diakomodir secara baik oleh warga yakni Perum. Puri Brawijaya Permai Cluster Patung Kuda.

Lokasi pemilihan tempat sangat strategis. Tak jauh dari jalan Brawijaya serta juga sebagai jalur alternatif menuju perkampungan lingkungan Baluk, kelurahan Kebalenan sehingga lalu lalang pengguna jalan dapat tertarik untuk mampir ke stand Bazar Ramadhan di Perum. Puri Brawijaya Permai Cluster Patung Kuda.

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Muhammad Nurul Yaqin
Editor : Bahrullah

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV