SUARA INDONESIA

Peringati Bulan K3 Nasional, MPM Honda Jatim Edukasi #Cari_aman Berkendara Karyawan Ajinomoto

Redaksi - 15 January 2024 | 09:01 - Dibaca 573 kali
News Peringati Bulan K3 Nasional, MPM Honda Jatim Edukasi #Cari_aman Berkendara Karyawan Ajinomoto
Puluhan karyawan PT Ajinomoto saat mengikuti kegiatan Edukasi #Cari_aman Berkendara MPM Honda Jatim. (Foto: MPM Honda Jatim/Suara Indonesia)

SUARA INDONESIA, SIDOARJO - Kurangnya perhatian dan pengetahuan dari pengguna kendaraan roda dua mengenai pentingnya keamanan dan hal-hal apa saja yang perlu diperhatikan saat berkendara, serta melihat pentingnya pengetahuan mengenai cara berkendara yang aman sekaligus dalam rangka memperingati Bulan K3 Nasional, PT Mitra Pinasthika Mulia (MPM Honda Jatim) distributor sepeda motor Honda wilayah Jatim & NTT menggelar acara Edukasi dan Pelatihan Safety Riding untuk karyawan PT Ajinomoto, Sabtu (13/1/2024).

“Keselamatan dalam berkendara juga merupakan bagian dari K3 seperti pada saat pekerja pulang dan pergi ke lokasi pekerjaan," kata Hari Setiawan, Instruktur Safety Riding MPM Honda Jatim.

"Untuk itu pentingnya pengetahuan mengenai cara berkendara agar tetap #Cari_Aman di jalan juga wajib diketahui oleh pengendara sepeda motor khususnya yang mobilitasnya menggunakan kendaraan roda dua dalam bertugas," imbuhnya. 

Sebanyak 50 peserta mengikuti program safety riding ini. Dimulai dengan Instruktur Safety Riding MPM Honda Jatim dalam pemaparan materinya salah satunya mengenai prediksi bahaya pada saat berkendara, penggunaan riding gear saat berkendara serta materi praktek teknik dasar berkendara seperti teknik pengereman (panic braking). 

Selain itu, teknik slalom course untuk mengenal karakteristik sepeda motor dan teknik balance statis untuk melatih keseimbangan pada saat berkendara. Kunci untuk menguasai teknik balance statis adalah pandangan yang fokus, kemampuan menyeimbangkan diri dan kemampuan mengendalikan pikiran.

Kemampuan berkendara yang aman perlu diasah secara rutin sehingga memudahkan dalam mengambil keputusan saat menghadapi berbagai situasi di jalan raya. 

Simulasi berbagai situasi jalan raya ini dapat ditemukan di pusat pelatihan keselamatan berkendara, yaitu MPM Safety Riding Centre yang terletak di Sedati - Sidoarjo. MPM Safety Riding Centre merupakan salah satu saran pelatihan berkendara untuk mengenal cara berkendara sepeda motor baik untuk masyarakat Jawa Timur.

Di MPM Safety Riding Centre, pengendara juga dapat berlatih menggunakan dengan alat simulasi berkendara seperti Honda Riding Trainer (HRT) agar dapat berlatih teknik dasar berkendara dan meningkatkan pemahaman tentang keselamatan berkendara secara aman dan efektif. Untuk pendaftaran pelatihan safety riding dapat diakses di www.mpmsafetyridingacademy.com. (Adv)

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Redaksi
Editor : Satria Galih Saputra

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV